Martabak Tidak Bersarang? Ini Penyebab dan Tipsnya agar Martabak Bersarang

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Sering membuat martabak manis dirumah dan hasilnya tidak bersarang? Jadi terlihat kurang menarik dan tidak bagus ya bun. Coba yuk ketahui penyebab kenapa tak bersarang dan tipsnya dibawah ini :)




Ini penyebab martabak manis buatan bunda tidak bersarang:
  • Adonan Tidak Cukup Lama diMikser
Penyebab pertama martabak tidak bersarang adalah karena bunda tidak terlalu lama memikser adoanan martabak. Adonan martabak memang harus dimikser dengan waktu yang cukup lama, hal ini akan membuat adonan martabak mengembang dan berpori/bersarang saat dimasak.

  • Adonan dimasak Tidak didalam Loyang Khusus
Jika membuat martabak manis dirumah, terkadang kita hanya menggunakan alat masak/loyang yang kita punya. Padahal ini merupakan salah satu penyebab mengapa martabak tidak bersarang bun. Martabak akan lebih baik dimasak diatas loyang khusus martabak dan bukan di wajan.

  • Loyang Belum Cukup Panas
Saat menuang adonan martabak ke dalam loyang, pastikan loyang sudah cukup panas. Hal ini akan membuat martabak buatan bunda bersarang, sebaliknya jika loyang belum cukup panas maka hasil martabak buatan bunda tidak akan bersarang.

  • Proses Pemanggangan Kurang Lama
Penyebab terakhir yang membuat martabak tidak bersarang adalah proses pemanggangan martabak itu kurang lama. Jadi pastikan saat membuat martabak panggang adonan dengan waktu yang cukup lama sampai pori-pori martabak terlihat.








Agar martabak manis buatan bunda bersarang ada tipsnya lho :) Ini dia tips yang bisa bunda lakukan agar martabak bersarang.
  1. Adonan martabak harus dimikser lama, sekitar 20-30 menit
  2. Buatlah martabak diloyang khusus martabak. Gunakan loyang khusus yang tebal, yang membuat adonan tidak cepat matang sebelum bersarang. 
  3. Sebelum menuang adonan, pastikan loyang dipanaskan terlebih dahulu cukup lama. Untuk mengetesnya. Taburkan 3-4 butir gula, jika loyang sudah cukup panas maka gula akan larut seketika.
  4. Lakukan pemanggangan adonan sangat lama agar serat atau sarang martabak terbentuk. Agar pemanggangan bisa lama, maka kue tidak boleh cepat matang, maka letakkan wajan martabak jauh dari api. Letakkan ganjalan diantara api dan loyang martabak.
Nah, itulah penyebab dan tips yang bisa bunda lakukan untuk membuat martabak bisa bersarang.

Semoga bermanfaat dan Happy Cooking^^


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Chicken Ballotine ala Homemade

Resep Ayam Nyat-nyatan Bali

Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Asli Khas Arab